Jumat, 09 September 2011

Ear Mite (Tungau) pada Telinga Kucing

  Hai temen-temen semuaa ...
Maaf yah jarang nongol yang punya Blog .. ;)
  Posting sekarang lagi pengen ngebahas tentang Tungau di telinga Kucing kita ...

  Ear Mite (atau Tungau pada Telinga Kucing) adalah sejenis kutu yang sering sekali ada pada binatang (Kucing,anjing,hamster,mencit,musang,gerbil,marmut,dll) . Tapi, spesies Tungau yang ada di telinga Kucing adalah spesies Otodectes Cynotis . Tungau satu ini biasa hidup di permukaan saluran telinga , bisa juga itemukan hidup di permukaan tubuh lainnya . Tungau yang sudah menyerang dengan jangka waktu lama (atau pada tahap kronis) bisa menjadi masalah serius pada telinga si Kucing .
  Ear Mite hidup dan bergerak di saluran telinga Kucing . Tungau memakan jaringan yang mati dan cairan seperti lilin yang dikeluarkan oleh telinga Kucing . Tungau dapat menyebabkan iritasi dan berlanjut menjadi infeksi .
  Infeksi yang terus berlanjut dapat menyebabkan penebalan dinding pada telinga Kucing dan menyebabkan pendengaran Kucing terganggu . Tapi biasanya tahap kerusakan pada telinga Kucing tidak mencapai pada gendang telinga Kucing . Tetapi infeksinya telinga dapat merusak selaput gendang telinga (infeksi Sekunder) . Akibat dari itu , Kucing menjadi hilang keseimbangan dan menderita gangguan syaraf lainnya .
  Ini Aku kasig tandanya kalau Kucing kita terkena Ear Mite :
  • Menggoyangkan kepalanya (disaat gatal)
  • Mencakar dan Menggaruk daerah telinga sehingga tertinggal luka kemerah-merahan di sekitarnya
  • Kotoran telinga berwarna coklat seperti kopi dan kering
  • Ada Ear Mite di telinga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar